2023 Tokyo Mungkin Tidak Butuh 'Jalan' - Ompom
Dalam video mobil Evtol SkyDrive melayang di udara dengan penumpang di dalamnya selama empat menit (foto : Reuters)

2023 Tokyo Mungkin Tidak Butuh ‘Jalan’

SkyDrive menyelesaikan ‘penerbangan’ suksesnya selama empat menit dengan 1 pilot uji

Sebuah perusahaan Jepang berhasil melakukan uji terbang ‘mobil terbang’ nya. SkyDrive bukanlah satu-satunya dalam pengembangan ‘mobil terbang’, namun proyek mereka dibilang berada di jalur yang tepat tentang konsep ‘mobil terbang’ sebab dapat ‘melayangkan’ mobil beberapa meter dari tanah.

Dalam sebuah video, mobil ini melayang di udara dengan penumpang di dalamnya selama empat menit.

Proyek dimulai pada 2012, pendanaan dari Toyota, Panasonic dan Bandai Namco

SkyDrive dimulai pada tahun 2012 sebagai proyek berbasis sukarela yang diberi nama Cartivator, menerima dana dari perusahaan seperti Toyota, Panasonic, dan pengembang video game Bandai Namco.

Mobil ini menggunakan Evtol (kemampuan lepas landas dan pendaratan vertikan dengan daya listrik) untuk berpindah posisi. Diyakini di masa depan, akan membantu memecahkan kerumitan bandara dan kemacetan lalu lintas di jalanan.

Diharapkan produk ini siap di tahun 2023

Pemerintah Jepang sangat optimis dengan proyek ini sebagai layanan bisnis tahun 2023, dan penggunaan komersial di era 2030-an.

Pimpinan SkyDrive Tomohiro Fukuzawa berkata: ‘Lebih dari 100 proyek mobil terbang di dunia, hanya segelintir yang berhasil dengan mengangkut satu orang di dalamnya’.

“Saya berharap banyak orang ingin mengendarainya disertai rasa aman”.

Ia mengungkapkan, jika timnya dapat meningkatkan waktu terbang dari 5 hingga 10 menit bahkan 30 menit, maka proyek tersebut berpotensi besar, seperti melakukan ekspor barang ke China.

Selain peningkatan waktu mengudara, tantangan lain yang dihadapi proyek ini termasuk ukuran baterai, kontrol lalu lintas udara, dan masalah infrastruktur.

Video

Sumber : Where we’re going, we don’t need roads! Tokyo flying car firm takes giant leap into the future as it becomes first company to lift vehicle several feet off ground – with hopes of launch by 2023