Sepeda Lipat : Sejarah dan Perkembangannya (2) - Ompom
Sepeda Lipat Metro 3.0 - Ompom

Sepeda Lipat : Sejarah dan Perkembangannya (2)

Saat artikel ini disusun, Sepeda Lipat dan suku cadangnya mengalami lonjakan harga yang gila-gilaan, imbas dari Pandemik Covid-19. Artikel ini adalah Bagian Kedua dari “Sepeda Lipat : Sejarah dan Perkembangannya (1).

1892 – 1899 | Sepeda Lipat Kapten Gérard

Ada pula beberapa teks sejarah yang mengklaim bahwa militer Prancis menciptakan sepeda lipat pertama. Disebutkan secara khusus — dengan pujian tentunya — ia adalah seorang perwira militer Prancis bernama Kapten Gérard. Meski sama sekali tidak benar, namun ada kisah menarik di balik ‘kekeliruan’ ini.

02%2BGerard Morel folding bike
Gambar “Sepeda Lipat Kapten Gérard”

1892 | Kegemaran Tuan Morel

Kisah lengkap tentang ini tercantum dalam buku yang berjudul “Charles Morel – constructeur dauphinois sous la troisième république”. Jika rangkumannya diterjemahkan singkat dari versi bahasa Prancis, kurang lebih seperti ini : Charles Morel, seorang industrialis kaya asal Prancis, terpikat dengan kegemarannya yang relatif baru yakni menyusun sepeda lipat dan membangun prototipe pada tahun 1892.

CHARLES MOREL CONSTRUCTEUR DAUPHINOIS (HISTOIRE INDUSTRIELLE) (French) Paperback – September 1, 1990
CHARLES MOREL CONSTRUCTEUR DAUPHINOIS (HISTOIRE INDUSTRIELLE) (French) Paperback – September 1, 1990

1893 | Ambisi Sang Letnan Prancis

Secara terpisah, pada tahun 1893, seorang letnan tentara Prancis bernama Henry Gérard membayangkan penggunaan sepeda lipat oleh tentara dan mengajukan paten untuk sepeda lipat melalui ayah mertuanya Henri Nôel pada tanggal 27 Juni 1893.

1894 | Dulac yang Berjasa

Masalahnya adalah bahwa sepeda ini sangat cacat, pada dasarnya tidak berfungsi. Sembari mencari bantuan untuk memperbaiki kekurangan desain, ia diperkenalkan ke Charles Morel. Tuan Morel menunjukkan prototipe sepeda lipat kepada Gérard dan menyarankan agar ia bertemu dengan salah seorang mekaniknya bernama Dulac demi menyempurnakan desain sepeda lipat agar bisa berfungsi baik. Dalam upaya ini, usaha Dulac berhasil, hingga pada tanggal 5 Oktober 1894 Charles Morel dan Letnan Gérard menandatangani perjanjian untuk memproduksi dan menjual sepeda lipat.

01%2BGerard Morel patent drawing
Gambar Paten “Sepeda Lipat Kapten Gérard”

1895 | Jalan Sukses Dua Sekawan

Morel mengambil bagian dalam hal pembiayaan dan pengawasan manufaktur, sedangkan Gérard bertugas mempromosikannya. Produksi sepeda lipat yang dimulai pada bulan April 1895 itu laris manis, bahkan pesanan yang datang melebihi kapasitas produksi. Di bulan Oktober 1895, dibukalah sebuah toko eceran di Paris untuk menjual sepeda itu ke publik. Gérard sendiri ditugaskan untuk memasarkannya ke pihak militer Prancis, dimulai dengan 25 unit sepeda lipat sebagai ujicoba.

Dinas ketentaraan Rumania dan Rusia pun melakukan pemesanan. Atas keberhasilannya menjual ide — sepeda lipat — tersebut, Letnan Gérard ditugaskan pada resimen tentara yang dilengkapi sepeda lipat dan akhirnya mendapat promosi kenaikan pangkat menjadi Kapten.

1899 | Kawan yang Lupa Daratan

Charles Morel membiarkan Gérard menjadi tenar, membuat semua orang percaya bahwa Kapten Gérard adalah bapak penggagas, padahal sebenarnya Tuan Morel lah yang memiliki gagasan pertama dan sepenuhnya membiayai usaha patungan tersebut.

Hingga beberapa saat kemudian, Kapten Gérard mulai lupa daratan, ia menggugat Tuan Morel dengan menuntut pembagian — yang menurutnya — adil atas keuntungan selama ini. Mereka pun berselisih, puncaknya bubarlah kemitraan keduanya. Paten untuk sepeda lipat ini akhirnya dijual ke konsorsium Peugeot, Michelin, dan tentara Prancis yang kemudian mengambil alih produksi sepeda di tahun 1899. Sepeda lipat ini pertama kali muncul dalam katalog penjualan Peugeot pada tahun 1899, menjadikan kekeliruan pencatatan oleh beberapa sejarawan yang mengklaim bahwa sepeda lipat itu ditemukan oleh Peugeot.

03%2BCaptain Gerard folding bike
Gambar Ilustrasi (1897) dari Revue Militaire Suisse yang menggambarkan pasukannya Gérard melakukan manuver militer dengan sepeda lipat mereka.

Jadi, apa yang kemudian dikenal sebagai “Sepeda Lipat Kapten Gérard” sebenarnya bukan sepeda lipat pertama, karena sepeda Emmit Latta mendahuluinya beberapa tahun, juga sepeda itu tidak diciptakan oleh Kapten Gérard. Namun, mungkin itulah sepeda lipat yang pertama kali diproduksi dalam jumlah besar. Dalam aplikasi paten — tertanggal 18 Januari 1896 — yang dibuat di Inggris untuk “Sepeda Lipat Kapten Gérard” ini, tercantum nama Charles Morel, dan Henry Gérard sebagai co-invertor.

bersambung…