Sepeda Lipat : Sejarah dan Perkembangannya (1) – Ompom

Sepeda Lipat : Sejarah dan Perkembangannya (1)

Tahun 2020, sepeda lipat marak di Indonesia setelah dunia dilanda wabah virus corona (covid19). Sebagian besar masyarakat seperti ‘tersihir’ dengan kehadiran alat transportasi yang satu ini, karena ‘bisa dilipat’ – dari ukuran sepeda biasa – menjadi lebih kecil, ringan, mudah diangkut, tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

Padahal sejak dulu, manusia senantiasa menginginkan solusi perjalanan yang ‘ringkas’. Demikian pula sepeda sebagai alat transportasi, tidak seperti yang kita duga, sepeda lipat ternyata bukanlah penemuan modern.


1878 | A Penny-farthing design

Penemu pertama sepeda lipat banyak menjadi perdebatan. Namun, William Grout – berkebangsaan Inggris – pantas dinobatkan sebagai penemu sepeda lipat pertama. Tahun 1878 saat sepeda lipat ditemukan, pada disain awal, pengendara perlu membongkar rangka dan melipat roda depan yang keseluruhan proses memakan waktu 10 menit, sehingga lebih tepat disebut sebagai ‘sepeda portabel’ daripada sepeda lipat itu sendiri. Disain awalnya masih mengkhawatirkan, khususnya saat keselamatan bersepeda menjadi hal utama.

Sepeda lipat dengan disain Penny-farthing oleh William Grout
Sepeda lipat dengan disain Penny-farthing oleh William Grout. Tampak roda depan dilipat dengan rangka sepeda yang dibongkar.

1887 | Dipatenkan dan Dokumentasikan Pertamakali

Penemuan pertama sepeda lipat (meski bukan yang ‘pertama’ ditemukan) yang didokumentasikan adalah oleh penemu berkebangsaan Amerika, Emmit G. Latta. Tanggal 16 September 1887 ia mengajukan hak paten di Amerika Serikat atas penemuannya itu dan diterbitkan pada 21 Februari 1888.

Kutipan dari paten tersebut berbunyi:

“Objek penemuan ini adalah untuk menyajikan sebuah mesin yang aman, kuat, dan tahan lama, dan lebih mudah dikemudikan daripada mesin yang telah ada sekarang, dan juga dapat menyusun mesin sedemikian rupa dan ia pun dapat dilipat saat sedang tidak digunakan, sehingga membutuhkan sedikit ruang penyimpanan dan mempermudah pengangkutan.”

Latta menjual paten ini kepada Pope Manufacturing Company – juga membeli lusinan paten terkait sepeda selama awal zaman sepeda di Amerika, termasuk di dalamnya hak paten ‘pedal sepeda’ pertama AS yang diterbitkan untuk Pierre Lallement tahun 1886.

Sepeda-sepeda yang dijual Pope diberi merek Columbia. Tidak diketahui apakah sepeda Latta pernah dipasarkan oleh Pope karena tidak ditemukan contoh unitnya. Latta pun menciptakan sepasang ‘sepeda roda tiga’ di waktu yang sama saat ia menciptakan sepedanya dan menjual seluruh paten itu – kepada Pope juga.

Gambar Sepeda sebelum dilipat - temuan Latta yang disertakan dalam pengajuan paten.
Gambar Sepeda sebelum dilipat – temuan Latta yang disertakan dalam pengajuan patennya.
Gambar Sepeda setelah dilipat - temuan Latta yang disertakan dalam pengajuan patennya.
Gambar Sepeda setelah dilipat – temuan Latta yang disertakan dalam pengajuan patennya.

1893 | Penemuan Lain yang Didokumentasikan Awal

Adalah milik Michael B. Ryan – seorang Amerika, dengan pengajuan patennya di AS tertanggal 26 Desember 1893 dan diterbitkan pada 17 April 1894.

Kutipan dari paten tersebut berbunyi:

“Objek utama penemuan saya saat ini adalah untuk menghasilkan sepeda, yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah dilipat dengan demikian panjangnya hanya membutuhkan sedikit ruang saat tidak digunakan atau ketika diangkut atau disimpan.”

Peran penting disain sepeda lipat milik Michael B. Ryan ini akan diulas pada pembahasan di berikutnya.

Gambar Sepeda sebelum dilipat - temuan Ryan.
Gambar Sepeda sebelum dilipat – temuan Ryan.
Gambar Sepeda setelah dilipat - temuan Ryan.
Gambar Sepeda setelah dilipat – temuan Ryan.
Gambar rangka dari Sepeda Lipat - temuan Ryan.
Gambar rangka dari Sepeda Lipat – temuan Ryan.

1895 | Sepeda Tandem Lipat Pertama

Sepeda jenis ini (bisa jadi) ditemukan pertama-kali oleh Julien Simon dan Victor Dussault, keduanya dari Paris, Prancis.

Dalam aplikasi paten mereka tertanggal 10 Mei 1895, digambarkan sebuah sepeda biasa yang dapat diubah menjadi tandem lipat dengan penambahan bingkai atau rangka lain beserta bagian penghubungnya.

Gambar sepeda temuan Simon & Dussault, berisi gambar sepeda biasa, rangka dan bagian penghubung, hingga dapat dirangkai menjadi sepeda tandem.
Gambar sepeda temuan Simon & Dussault, berisi gambar sepeda biasa, rangka dan bagian penghubung, hingga dapat dirangkai menjadi sepeda tandem.

bersambung… Sepeda Lipat : Sejarah dan Perkembangannya (2)